• Penduduk: 46,02 Jt, Tahun 2014
  • LPP: 1,52%, Tahun 2014
  • LPE: 5,67 % Tahun 2016
  • Inflasi : 3,49% (yoy) Februari 2017
  • Pengangguran: 8,89 % Agustus 2016
  • Kemiskinan : 4,17jt/8,77% Sep 2016
  • IPM: 69,50 Tahun 2015

    Bagaimana pendapat anda mengenai Web Pusdalisbang

    Bagus
    Cukup
    Kurang

    Masukan kode .... Reload Kode

    LIHAT GRAFIK

Hit counter
Profil
Diposting tanggal: 31 Mei 2010

SEJARAH PEMBENTUKAN UPTB PUSDALISBANG

 

UPTB PUSDALISBANG (Unit Pelaksana Teknis Badan Pusat Data dan Analisis Pembangunan) adalah unsur pelaksana tugas teknis operasional dan teknis penunjang pada Bappeda Provinsi Jawa Barat.

 

Ide dasar pembentukan UPTB PUSDALISBANG dikemukakan oleh Kepala Bappeda Provinsi Jawa Barat, Prof. Dr. Ir. Deny Juanda Puradimaja, DEA pada pertemuan dengan para struktural di lingkungan Bappeda Provinsi Jawa Barat, bertempat di Ruang Rapat Sidang A Bappeda Jawa Barat Jalan Ir. H. Juanda No. 287 Bandung.   

 

Pada dasarnya gagasan tersebut munculnya karena belum optimalnya integrasi data perencanaan pembangunan Provinsi Jawa Barat, yang bersumber dari OPD Provinsi, Bappeda Kabupaten dan Kota, serta instansi vertikal (BPS), khususnya menyangkut ketidakseragaman tolok ukur (indikator), format data, tahapan pengolahan data serta sistem penyajiannya, sehingga sering menyulitkan pada saat dilakukan integrasi data. Oleh sebab itu kebutuhan data  yang akurat bagi pembangunan Jawa Barat sangat mendesak, maka UPTB Pusdalisbang perlu segera dibentuk untuk menghasilkan data yang sama atau satu data untuk pembangunan Jawa Barat. Dengan data yang seragam dan valid, sehingga akan memudahkan perencanaan pembangunan.

 

Setelah hampir dua tahun sejak awal gagasan tersebut digulirkan oleh Prof. Dr. Ir. Deny Juanda Puradimaja, DEA, terwujudlah pembentukan Pusdalisbang melalui terbitnya Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 113/2009 tentang Organisasi dan Tatakerja Unit Pelaksana Teknis Dinas/Badan di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang tertuang dalam Berita Daerah Provinsi Jawa Barat Tahun 2009 Nomor 186 Seri D. Maka sejak tanggal 11 September 2009, Pemerintah Provinsi Jawa Barat resmi memiliki UPTB Pusdalisbang sebagai UPTB di lingkungan Bappeda Provinsi Jawa Barat.

 

Dengan terbentuknya UPTB Pusdalisbang, diharapkan akan  terwujud suatu unit teknis di Bappeda Provinsi Jawa Barat yang dapat berfungsi untuk mengumpulkan, mengolah, menganalisa data spasial dan a-spasial pembangunan Jawa Barat, yang dapat melayani kebutuhan data dan informasi pembangunan Jawa Barat serta mengelola sistem informasi dan infrastruktur jaringan informatika data pembangunan Jawa Barat, serta mampu merajut perencanaan dengan data dan informasi yang lebih teliti, akurat dan bermakna bagi kemajuan Jawa Barat.

 

Selain itu, UPTB Pusdalisbang mempunyai kewenangan dalam memberikan masukan, perumusan, penyusunan kebijakan pembangunan Jawa Barat berdasarkan hasil analisa data, serta menyusun standarisasi pengelolaan, pelayanan data dan informasi Jawa Barat.

 

LATAR BELAKANG

 MAKSUD DAN TUJUAN


Kantor PUSDALISBANG BAPPEDA PROVINSI JAWA BARAT
Jl. Sangkuriang No.2 Bandung,
Jawa Barat - Indonesia
pusdalisbang@jabarprov.go.id
Telp. 022-2505993 Fax. 022-2534861

Kantor BAPPEDA Jawa Barat
Jl. Ir. H. Juanda No. 287 Bandung, Jawa Barat - Indonesia
Telp. 022.2516061, Fax.022.2510731 Kode Pos. 40135
Top